728x90 AdSpace

  • Latest News

    21/02/2012

    Ifriandi - Pendidikan Sebagai Wadah Perubahan Dan Sebagai Wadah Membuka Cakrawala Berpikir Masyarakat

    PENDIDIKAN SEBAGAI WADAH PERUBAHAN DAN SEBAGAI WADAH MEMBUKA CAKRAWALA BERPIKIR MASYARAKAT

    AksFullShare-Orang–orang yang berpendidikan atau terdidik sering kali diidentikkan dengan orang-orang sukses dalam kehidupan mereka apalagi hal itu yang kadang-kadang secara kasat mata dilihat dari segi kematerian yang dimilikinya. Mungkinkah sebuah pendidikan yang baik yang diperoleh seseorang bisa mengubah jalan hidup mereka yang pada awalnya sangat serba kekurangan? Sangat mukin sekali karena dengan pengetahuan yang diperolehnya dari pendidikan itu dapat ia aplikasikan dalam bentuk nyata untuk sebuah kehidupan yang berararti. Pendidikan merupakan tonggak dasar bagi sebuah perubahan dalam setiap aspek kehidupan secara khusus dan akar perbaikan bagi sebuah Negara secara umum.

    Jika saat ini pemerintah menganggarkan anggaran dari APBN sebesar 20 % untuk anggaran pendidikan, ini merupakan salah satu langkah yang tepat untuk membasmi kebodohan yang membawa dampak pada tingginya tingkat pengangguran yang implikasinya adalah merajalelanya virus kemiskinan. Lagi-lagi pentingnya artinya sebuah pendidikan. Namun pernahkah kita melihat bahwa secara riil pendidikan dinegeri ini hanyalah pendidikan buat mereka para orang berduit, masayarakat yang berpenghasilan rendah tidak bisa memberikan pendidikan yang baik bagi anak-anak mereka yang ujung-ujungnya yang terwarisi secara tidak sadar adalah juga kemiskinan.

    Apa solusi yang bisa kita berikan untuk itu, saya pikir solusi yang tepat adalah lebih mengefesiensikan dan mengefektifkan anggaran yang ada sepenuhnya buat pendidikan bagi anak bangsa. Bila hari ini dengan anggaran 20% yang telah dianggarkan dalam APBN Cuma memberikan fasilitas gratis hanya untuk tingkat sekolah dasar (SD) sampai sekolah menengah pertama (SMP) rasanya sangat tidak masuk akal bisa merubah keadaan, alasannya kenapa? Bagaimana mungkin orang bisa mendapatkan pekerjaan yang baik hanya dengan tamatan SMP dan bagaimana pula dengan biaya untuk sekolah menengah atas dan pendidikan diperguruan tinggi yang notabenenya sebagai pendidikan penentu bagi perubahan seorang anak bangsa.

    Salah satu jalan untuk memperbaiki keadaan hidup masyarakat yang serba kekurangan yang lebih identik dengan lemahnya ekonomi mereka adalah dengan memberikan fasilitas pendidikan yang terjangkau untuk semua lapisan masyarakat dari pendidikan tingkat SD hingga keperguruan tinggi agar masyaraka kita terbuka cakrawala berfikir mereka setelah mereka mendapatkan pendidikan sehigga dengan pendidikan yang mereka peroleh itu mengantarkan mereka menjadi orang-orang terdidik yang kreatif, inovatip dan inspiratif, baru Negara ini bisa menuju kearah perbaikan yang nyata.


    BIODATA PENULIS


    Nama : Ifriandi / andi idea
    TTL : Teluk Dalam 11 Mei 1988
    Jurusan : Ilmu Hukum Semester 5
    Fakultas : Syari’ah Dan Ilmu Hukum UIN Suska Riau.


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 Komentar Yang Masuk:

    Post a Comment

    Ingat !!! Jangan Hanya Bisa Berkomentar, Berikanlah Solusi Dari Komentar Anda. Thanks

    Item Reviewed: Ifriandi - Pendidikan Sebagai Wadah Perubahan Dan Sebagai Wadah Membuka Cakrawala Berpikir Masyarakat Rating: 5 Reviewed By: Ahmad Kurniawan Siddik
    Scroll to Top