728x90 AdSpace

  • Latest News

    15/09/2012

    Pemrograman Visual

    AksFullShare-Selamat Pagi sobat afs lovers, Kali ini saya akan share tugas yang di berikan oleh dosen mata kuliah pemprograman visual, berikut artikelnya :

    1. Pengertian Pemrograman Visual

    Pemrograman visual adalah suatu metode pembuatan program dimana programmer membuat koneksi atau penghubung antara objek-objek dengan cara  membuat gambar, menunjuk, dan mengklik pada diagram dan ikon dan dengan berinteraksi dengan diagram alur. Jadi, programmer bisa menciptakan program dengan cara mengklik pada ikon yang mewakili rutin-rutin pemrograman secara umum.
    Dalam pengeksekusian kode programnya, pemrograman visual merupakan konsep event-driven, yaitu pengeksekusian yang didasarkan atas kejadian (event) tertentu. Setiap kejadian tersebut mempunyai kode program sendiri yang disimpan dalam sebuah fungsi. Berbeda dengan pemrograman terstruktur atau procedural yang mengeksekusi kode-kode programnya mulai dari awal sampai akhir program secara beruntun.
    Dalam konsep suatu objek dikenali adanya dua komponen yaitu :
    • Properties atau atribut, yang memiliki nilai dan nama.
    • Event (function, method, action, behaviour) yang hanya memiliki nama.
    Konsep event dalam sebuah objek dianggap sangat penting karena objek tidak akan melakukan suatu action atau suatu kegiatan, objek hanya akan diam jika tidak ada event  yang diberikan. Seperti yang kita ketahui objek hanyalah sebuah benda dan tak pernah melakukan sebuah action jika tidak ada sebuah perintah untuk menggerakkannya.

    2.    Macam-Macam Pendekatan Visual

    Pendekatan visual  dalam pengembangan aplikasi  disebut dengan istilah bottom up , yang terdiri dari:
    • Pembentukan user-interface.
    • Mengatur properti dari objek-objek yang digunakan didalam pembentukan user interface.
    • Penulisan kode program untuk menangani kejadian-kejadian (event).
    3.    Macam-Macam Program Visual

    a.    Visual Delphi
    Visual Delphi adalah Suatu bahasa pemrograman yang menggunakan visualisasi sama seperti bahasa pemrograman Visual Basic (VB). Namun Delphi menggunakan bahasa yang hampir sama dengan pascal (sering disebut objeck pascal) . Sehingga lebih mudah untuk digunakan. Bahasa pemrograman Delphi dikembangkan oleh CodeGear sebagai divisi pengembangan perangkat lunak milik embarcadero. Divisi tersebut awalnya milik borland, sehingga bahasa ini memiliki versi Borland Delphi.

    b.    Visual Basic
    Visual Basic, yaitu bahasa pemrograman berorientasi objek yang berbasis Windows dari Microsoft yang mengizinkan pengguna mengembangkan aplikasi Windows dan Office.

    c.    Visual Fox Pro
    Visual Fox Pro adalah salah satu bahasa pemrograman prosedural dan bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft. Visual Foxpro dikenal sebagai Software Developer Tool menyediakan pula fasilitas prototyping dan RAD untuk membangun aplikasi yang cepat.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 Komentar Yang Masuk:

    Post a Comment

    Ingat !!! Jangan Hanya Bisa Berkomentar, Berikanlah Solusi Dari Komentar Anda. Thanks

    Item Reviewed: Pemrograman Visual Rating: 5 Reviewed By: Ahmad Kurniawan Siddik
    Scroll to Top