728x90 AdSpace

  • Latest News

    20/09/2012

    TTL di Domain

    AksFullShare-Pada saat saya mensetting A Record di DNS domain www.aksfullshare.com (Domain control Panel), di sana saya menemukan form untuk mengisi berapa value dari TTL, apa sih yang di maksud TTL?, awalnya saya bingung apasih Tuh hehehe. setelah googling saya menemukan artikel yang sedikit membahas tentang TTL. nah, TTL itu adalah singkatan dari Time to Live, yang artinya waktu untuk berlangsungnya perubahan DNS.

    Satuan yang digunakan adalah detik. Nilai default untuk TTL DNS umumnya adalah 86400 detik, yang adalah 24 jam. Nilai TTL 86400 akan berarti bahwa, jika catatan DNS sudah diubah, maka DNS server di seluruh dunia masih bisa menampilkan nilai lama dari cache mereka sampai 24 jam setelah perubahan.

    Nah, kalau kita menggunakan DNS dari myorderbox (kontrol panel yang banyak digunakan oleh registrar dunia), maka TTL paling kecil yang kita bisa pakai adalah 14400. Artinya perubahan DNS baru terjadi ke seluruh dunia setelah 4 Jam kemudian.

    oh ya katanya sih, TTL yang kecil itu dapat memberatkan nameserver lho, tetapi ada tapinya hehehe TTL itu dapat berguna ketika mengubah alamat layanan yang sangat penting seperti server Web atau MX record untuk secepat mungkin dapat difungsikan.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 Komentar Yang Masuk:

    Post a Comment

    Ingat !!! Jangan Hanya Bisa Berkomentar, Berikanlah Solusi Dari Komentar Anda. Thanks

    Item Reviewed: TTL di Domain Rating: 5 Reviewed By: Ahmad Kurniawan Siddik
    Scroll to Top