728x90 AdSpace

  • Latest News

    02/11/2012

    Prosedur, Konsep Internet dan Komputer

    AksFullShare-Bingung mau post apa ehhh... nemuin ini di pc hehehe ane share aja semoga ada yang membutuhkan...oh ya lihat juga postingan saya yang sebelumnya>>>Setting Domain Dengan Benar Pada Tampilan Baru

    Tugas No 1
    a. Aplikasi dan Komponen Sistem Komputer 
    Sistem Komputer terdiri dari empat komponen, yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), data dan komponen komunikasi.

    1.Komponen Perangkat Keras (Hardware Component)
    Seperti namanya, perangkat keras adalah sesuatu yang dapat disentuh. Perangkat keras komputer terdiri dari CPU, memori dan peralatan Input/Output. CPU sendiri terdiri dari komponen utama :

    a. Arithmatic Logic Unit (ALU) : untuk melakukan perhitungan.
    b. Control Unit (CU) : Mengontrol pemrosesan intruksi dan perpindahan data dari satu bagian CPU ke bagian lainnya
    c. Interface Unit (Bus) : memindahkan instruksi dan data antara CPU dan perangkat keras lainnya.

    2. Komponen Perangkat Lunak (Software Component)
    Perangkat lunak tersusun atas program yang menentukan apa yang harus dilakukan oleh komputer. Komputer harus melaksanakan instruksi yang terdapat dalam program untuk mendapatkan hasil yang berguna.

    Ada 2 macam perangkat lunak, yaitu sistem software dan software aplikasi. Sistem software berguna untuk mengatur file, me-load dan mengeksekusi program serta menerima perintah dari mouse atau keyboard. Sistem software biasa disebut sistem operasi (operating system), sedangkan software aplikasi adalah software yang digunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Contoh software aplikasi adalah Open Office Word Processor, Open Office Spreadsheet, dll.

    3. Komponen Data (Data Component)
    Data adalah fakta dasar yang mewakili suatu kejadian. Data diproses oleh sistem komputer untuk menghasilkan informasi. Inilah alasan utama keberadaan komputer. Data dapat berupa angka dalam berbagai bentuk.

    4. Komponen Komunikasi (Communication Component)
    Komponen komunikasi terdiri dari hardware dan software. Hardware dalam komponen komunikasi terdiri dari modem atau network interface card (NIC) dan saluran komunikasi (Comunication Channel). Saluran komunikasi menyediakan hubungan antar komputer. Saluran ini bisa berupa wire cable, fiber optic cable, saluran telepon atau wirreless tecnology, seperti sinar infra merah, telepon selular atau radio, sedangkan modem atau NIC dalam komputer bertindak sebagai interface antar komputer dan saluran komunikasi. Software dalam komponen komunikasi digunakan supaya masing – masing komputer mengerti apa yang dikatakan oleh komputer yang saling terhubung. Software ini berguna untuk membangun hubungan dan mengontrol aliran data.

    b. Aplikasi Komputer
    aplikasi komputer adalah software atau perangkat lunak komputer yang dibuat untuk melakukan tugas tertentu. Jika sistem operasi komputer (misalnya Windows) berfungsi untuk melakukan operasi dasar, program aplikasi tertentu bisa kita tambahkan (install) untuk melengkapi kemampuan sistem operasi komputer untuk melakukan tugas-tugas yang lebih spesifik.

    Dewasa ini ada banyak sekali program aplikasi komputer. Secara garis besar, jenis aplikasi komputer berdasarkan kegunaan dan contohnya adalah sebagai berikut:
    1. Aplikasi Perkantoran atau Office: untuk menunjang tugas administratif perkantoran. Di antaranya Microsoft Office dan OpenOffice.
    2. Aplikasi Grafis: untuk mendesain dan mengolah gambar atau foto. Di antaranya adalah aplikasi CorelDraw, GIMP, dan Photoshop.
    3. Aplikasi Multimedia: untuk memutar file multimedia. Misalnya aplikasi WinAmp, Windows Media Player, dan QuickTime.
    4. Aplikasi Internet: untuk mengakses beragam layanan internet. Di antaranya Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan Opera yang semuanya berfungsi untuk menjelajah internet atau browsing. Selain itu ada beberapa software khusus,misalnya mIRC dan Yahoo! Messenger untuk chatting, FileZilla untuk transfer file, dan Outlook untuk mengelola email.
    5. Aplikasi Game: aneka aplikasi permainan.
    Aplikasi Office sendiri biasanya berupa beberapa aplikasi yang dikemas menjadi satu paket. Aplikasi-aplikasi yang dikemas di dalam paket aplikasi Office dan contoh programnya antara lain :
    • Aplikasi Pengolah Kata, contohnya Microsoft Word.
    • Aplikasi Pengolah Angka, contohnya Microsoft Excel.
    • Aplikasi Pengolah Basis Data, contohnya Microsoft Access.
    • Aplikasi Pengolah Presentasi, contohnya Microsoft Powerpoint.

    Tugas No 2
     
    Prosedur Menggunakan Komputer
    Cara menghidupkan Komputer/Pc :
    1. Pastikan Perangkat Komputer/laptop telah terhubung ke listrik
    2. Tekan Power pada Monitor dan pada CPU
    3. Tunggu booting Windowsnya hingga selesai.
    4. welcome, kamu telah berhasil menghidupkan Kom/pc nya.
    Cara mematikan Komputer/Pc :
    1. Klik Start
    2. Kemudian Klik Turn Off Computer
    3. Lalu klik Turn Off

    Tugas No 3

    Konsep internet
    Internet adalah kumpulan komunikasi computer antar satu wilayah dan wilayah yang lainnya diseluruh dunia yang saling terhubung dan saling berkomunikasi yang diatur oleh protocol.dengan kata lain,internet adalah salah satu media komunikasi berupa data, dilakukan umumnya secara tertulis atau melalui video-video, tanpa perlu dilakukan secra bersamaan  antara pengirim dan penerima. Internet merupakan kumpulan jaringan komunikasi computer yang ada diseluruh dunia.dalam hal ini komputeryang dahulunya stand alone, maka dengan kemajuan tekhnologi perangkat keras dan lunak computer maka saat ini dapat berhubungan langsung dengan komunikasi komputer ditempat lain seluruh dunia ini,dengan internet.



    Prosedur Akses Internet
    1. Tancapkan Modem
    2. Buka Software Modem dan Koneksikan
    3. Buka Browser
    4. Cari informasi apa yang anda butuhkan.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 Komentar Yang Masuk:

    Post a Comment

    Ingat !!! Jangan Hanya Bisa Berkomentar, Berikanlah Solusi Dari Komentar Anda. Thanks

    Item Reviewed: Prosedur, Konsep Internet dan Komputer Rating: 5 Reviewed By: Ahmad Kurniawan Siddik
    Scroll to Top