728x90 AdSpace

  • Latest News

    30/03/2013

    Makalah "SCM,E-Bussines dan ERP"

    http://4.bp.blogspot.com/-ETLc6R-LhL4/T15ao7CkWvI/AAAAAAAAAFs/gN0R9Xi3tH8/s1600/email2.png

    AksFullShare-Makalah sistem informasi ini adalah tugas yang di berikan dosen, yang mana akan saya share di blog ini agar bisa berguna buat orang lain juga,...

    BAB I
    PENDAHULUAN
    1.1 Latar belakang

    Makalah ini di buat penulis agar pembaca bisa mengerti tentang “Supply chain  management, E-Bussines dan Enterprise Recource Planning”,  makalah ini juga berfungsi untuk perbaikan nilai sistem informasi. 
    Supply chain  management adalah Sebuah rangkaian atau jaringan perusahaan-perusahaan yang bekerja secara bersama-samauntuk membuat dan menyalurkan produk atau jasa kepada konsumen akhir. Rangkaian atau jaringan ini terbentang dari penambang bahan mentah (di bagian hulu) sampai retailer / toko (pada bagian hilir).

    E-bisnis (dalam bahasa Inggris : Electronic Business, atau "E-business") dapat didefinisikan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer. Istilah yang pertama kali diperkenalkan oleh Lou Gerstner, seorang CEO perusahaan IBM ini, sekarang merupakan bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi internet. E-bisnis memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan system pemrosesan data internal dan eksternal mereka secara lebih efisien dan fleksibel.

    Enterprise Recource Planning adalah sebuah system informasi perusahaan yang dirancang untuk mengkoordinasikan semua sumber daya, informasi dan aktivitas yang diperlukan untuk proses bisnis lengkap. Sistem ERP didasarkan pada database pada umumnya dan rancangan perangkat lunak modular. 
    ERP merupakan software yang mengintegrasikan semua departemen dan fungsi suatu perusahaan ke dalam satu system computer yang dapat melayani semua kebutuhan perusahaan, baik dari departemen penjualan, HRD, produksi atau keuangan. Syarat terpenting dari system ERP adalah Integrasi, yaitu menggabungkan berbagai kebutuhan pada satu software dalam satu logical database sehingga memudahkan semua departemen berbagi informasi dan berkomunikasi.

    2.1 Rumusan Masalah 

     Berdasarkan Latar belakang tersebut Rumusan masalah ;
    a. Apa yang di maksud dengan Supply Chain Management ?
    b. Apa yang di maksud dengan E-bussines ?
    c. Apa yang di maksud dengan Entrprise Recource Planing?
    d. Apa kelebihan dan kekurangan Erp?
    e. Apa tujuan ERP?
    f. Bagaimana cara Implementasi Erp?

    3.1 Batasan Masalah

    Batasan masalah pada makalah ini :
    “Hanya membahas mengenai E-bussines, Supply Chain Management, dan Entrprise Recource Planing.”
    4.1 Tujuan 
    Tujuan Makalah ini adalah :
    a. Untuk memenuhi tugas perbaikan nilai sistem informasi.
    b. Agar penulis dan pembaca bisa mengerti tentang E-bussines, Scm, dan Erp.



    BAB II
    PEMBAHASAN

    1.1 Supply Chain Management (SCM)
    SCM adalah Sebuah rangkaian atau jaringan perusahaan-perusahaan yang bekerja secara bersama-samauntuk membuat dan menyalurkan produk atau jasa kepada konsumen akhir. Rangkaian atau jaringan ini terbentang dari penambang bahan mentah (di bagian hulu) sampai retailer / toko (pada bagian hilir).
    Dalam sebuah SC terdapat tiga aliran:
    • Material 
    • Informasi 
    • Dan Uang / dana.

    Struktur SCM yang sederhana :


    DALAM KENYATAANNYA KITA BERHADAPAN DENGAN SEBUAH NETWORK (JARINGAN) BUKAN SEBUAH RANTAI

    Supply Chain Dell Computer  
    • Ketika customer membeli secara online dari Dell Computer, supply chain yang terlibat; – Pelanggan – Web site Dell menerima order pelanggan – Pabrik perakitan Dell–Pemasok Dell 
    • Setelah mendapatkan produk yang dipilih, pelanggan memasukan informasi order dan membayar. Customers dapat melihat pada Web site untuk mengecek status order 
     • Dell’s assembly plant memenuhi customer’s order 
    • Dell Computer menerima komponen dari beberapa suplier dan memasok produk melalui beberapa transportasi • Dell computer tidak memiliki retailer, wholesaler and distributor.

    2.1 E-Bussines

    E-bisnis (dalam bahasa Inggris : Electronic Business, atau "E-business") dapat didefinisikan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer. Istilah yang pertama kali diperkenalkan oleh Lou Gerstner, seorang CEO perusahaan IBM ini, sekarang merupakan bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi internet. E-bisnis memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan system pemrosesan data internal dan eksternal mereka secara lebih efisien dan fleksibel. E- bisnis juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.

    Dalam penggunaan sehari-hari, e-bisnis tidak hanya menyangkut perdagangan elektronik atau e-commerce (e-dagang) saja. Dalam hal ini, e-commerce lebih merupakan sub bagian dari e-bisnis, sementara e-bisnis meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk pemasaran internet (e- pemasaran). Sebagai bagian dari e-bisnis, e-dagang lebih berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat internet. Dengan menggunakan system menejemen pengetahuan, e-dagang mempunyai goal untuk menambah revenu dari perusahaan. 

    Sementara itu, e-bisnis berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-bisnis memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya. 

    E-bisnis berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah social lainnya.

    3.1 Entrprise Recource Planning
    ERP adalah sebuah system informasi perusahaan yang dirancang untuk mengkoordinasikan semua sumber daya, informasi dan aktivitas yang diperlukan untuk proses bisnis lengkap. Sistem ERP didasarkan pada database pada umumnya dan rancangan perangkat lunak modular. 

    ERP merupakan software yang mengintegrasikan semua departemen dan fungsi suatu perusahaan ke dalam satu system computer yang dapat melayani semua kebutuhan perusahaan, baik dari departemen penjualan, HRD, produksi atau keuangan. Syarat terpenting dari system ERP adalah Integrasi, yaitu menggabungkan berbagai kebutuhan pada satu software dalam satu logical database sehingga memudahkan semua departemen berbagi informasi dan berkomunikasi. 

    Database yang ada dapat mengijinkan setiap departemen dalam perusahaan untuk menyimpan dan mengambil informasi secara real-time. Informasi tersebut harus dapat dipercaya, dapat diakses dan mudah disebarluaskan. Rancangan perangkat lunak modular harus berarti bahwa sebuah bisnis dapat memilih modul-modul yang diperlukan, dikombinasikan dan disesuaikan dari vendor yang berbeda, serta dapat menambahkan modul baru untuk meningkatkan unjuk kerja bisnis.   

    Tujuan dan Perannya dalam organisasi 
    - Tujuan system ERP adalah untuk mengkoordinasikan bisnis. 
    - ERP merupakan software yang ada dalam organisasi/perusahaan. 
    - Perusahaan membutuhkan jasa konsultasi, kustomisasi dan jasa pendukung. 
    - Migrasi data adalah salah satu aktifitas terpenting dalam menentukan kesuksesan dari implementasi ERP.

    Implementasi ERP 
    Implementasi system ERP tergantung pada ukuran bisnis, ruang lingkup dari perubahan dan peran resiko kehilangan informasi sensitive, jika terdapat pembobolan system keamanan. Sistem dapat terlalu kompleks jika dibandingkan dengan kebutuhan dari pelanggan. Data dalam system ERP berada dalam satu tempat, contohnya : pelanggan, data keuangan. Hal ini dapat meningkatkan resiko kehilangan informasi sensitive jika terdapat pembobolan system keamanan.  



    BAB III
    PENUTUP

    1.1 Kesimpulan

    E-business dapat didefinisikan  sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer.

    E- business dibagi menjadi 4 yaitu : 
    - Customer Relationship Management (CRM) 
    - Enterprise Resource Planning (ERP) 
    - Enterprise Aplication Program (EAP) 
    - Supply Chain Management (SCM)


    DAFTAR PUSTAKA

    http://aprillins.com/2009/855/perbedaan-antara-e-commerce-dengan-e-business/ 
    http://www.docstoc.com/docs/34449159/MAKALAH-E-BUSINESS 
    http://www.aksfullshare.com/
    http://is.its-sby.edu/~wahyu/download/sosiotek/Introduction%20to%20SCM.pdf 
    http://www2.bc.edu/~fichman/703_07s_05_SCM.pdf



    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 Komentar Yang Masuk:

    Post a Comment

    Ingat !!! Jangan Hanya Bisa Berkomentar, Berikanlah Solusi Dari Komentar Anda. Thanks

    Item Reviewed: Makalah "SCM,E-Bussines dan ERP" Rating: 5 Reviewed By: Ahmad Kurniawan Siddik
    Scroll to Top