728x90 AdSpace

  • Latest News

    14/05/2013

    Puncak Tertinggi Bumi?


    AksFullShare-Umumnya orang, akan menjawab "Gunung Everest". Jika kata "tertinggi" yang dimaksud adalah titik tertinggi di atas permukaan laut, jawaban tersebut adalah benar. Dengan ketinggian 8.850 m dpl Everest merupakan gunung tertinggi di bumi.

    Namun definisi lain dari tertinggi adalah titik terjauh dari pusat bumi. Bumi berbentuk bulat, tetapi sebenarnya agak gepeng. Bagian khatulistiwa lebih lebar daripada bagian kedua kutub bumi, karena jari-jari bumi di khatulistiwa lebih jauh 21 km dibandingkan dengan jari-jari bumi di kutub.

    Jika mengukurnya dari pusat bumi, dimanakah titik tertingginya? Gunung Chimborazo di Ekuador merupakan jawabannya. Gunung berapi ini tingginya 6.268 m dpl (diatas permukaan laut). Gunung yang terletak di Cordillera Occidental, Andes menjadi  perhatian utama.

    Akan tetapi, pengunjung yang berdiri di puncak Chimborazo tetap mengatakan jika tempat itu merupakan titik dengan ketinggian ekstrim di bumi. Dengan mengembangnya bagian khatulistiwa, pengunjung berada lebih jauh dari pusat bumi dibandingkan dengan orang-orang yang berdiri di puncak Everest.

    Sumber ; The New York Times Syndicate.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 Komentar Yang Masuk:

    Post a Comment

    Ingat !!! Jangan Hanya Bisa Berkomentar, Berikanlah Solusi Dari Komentar Anda. Thanks

    Item Reviewed: Puncak Tertinggi Bumi? Rating: 5 Reviewed By: Ahmad Kurniawan Siddik
    Scroll to Top